Kenali Perbedaan Smoothing dan Rebonding dalam Meluruskan Rambut


Mengubah model rambut mungkin penting bagi sebagian besar orang. Tidak heran jika sebagian besar orang rutin untuk mengunjungi salon-salon terdekat setiap bulan atau dalam periode tertentu.


Salah satu metode pengubahan model rambut yang banyak dipilih adalah dengan meluruskan bentuk rambut. Biasanya ini berkaitan dengan dua metode meluruskan rambut yakni smoothing atau rebonding. Sekalipun sama-sama merupakan metode meluruskan rambut, tidak sedikit yang paham betul perbedaan smoothing dan rebonding.


Untuk mengenal lebih dalam perbedaan smoothing dan rebonding, mari kita bahas secara terperinci dalam artikel ini


Metode Meluruskan Rambut yang Digunakan

Perbedaan smoothing dan rebonding dapat ditelusuri dari metode yang digunakannya meskipun dalam pengaplikasiannya tergolong mirip. Pada pengaplikasiannya sendiri, rambut yang telah dikeramas dan diuji elastisnya akan diberi obat pelurus dan didiamkan dalam beberapa menit. Dilanjutkan dengan pembilasan, pengeringan, pencatokan rambut, serta pemberian obat penetral. Langkah pembilasan, pengeringan, dan pencatokan pun diulangi setelah pemberian obat penetral. Perbedaannya sendiri sangat jelas yakni:


Smoothing : Meluruskan dengan menggunakan bahan kimia dengan level soft/mild tanpa mengubah struktur rambut


Rebonding : Menggunakan bahan kimia dengan level hard (keras) untuk tipe rambut keriting. Bahan kimia ini akan mengubah struktur alami rambut menjadi bentuk lurus


Baca juga : MPC Luncurkan Natural Straight Series Untuk Smoothing Cepat dan Tidak Berbau


Vitamin Rambut yang Digunakan

Smoothing : Menggunakan vitamin dan keratin yang dioleskan sebelum proses pencatokan

Rebonding : Menggunakan relaxer dengan tujuan mengubah struktur rambut dan neutralizer untuk penetral relaxer. Bahan relaxer sendiri biasanya mengandung sodium hidroksida dan sodium tioglikolat.


Lama Waktu Pengerjaan

Smoothing : Minimal 3 jam tergantung dari panjang rambut

Rebonding : 2 sampai 3 jam tergantung dari panjang rambut (cenderung lebih singkat)


Hasil Akhir

Smoothing : Temporary (hasil maksimal hingga tiga bulan). Rambut terlihat lurus lebih alami seolah hanya menggunakan proses pencatokan dengan minim risiko kerusakan.

Rebonding : Long-lasting. Sedikit terlihat tidak natural namun kondisi rambut sangat terlihat lebih lurus tanpa celah


Biaya Perawatan dan Pasca Perawatan

Smoothing : Budget yang dikeluarkan akan lebih besar dibandingkan rebonding dengan biaya pasca perawatan yang tergolong murah

Rebonding : Budget tergolong lebih murah dengan biaya pasca perawatan yang lebih mahal dibanding smoothing


Nah, bagaimana intisari tentang perbedaan smoothing dan rebonding pada artikel ini? Semoga dapat menjawab pertanyaan Anda yang bingung dalam memilih kedua treatment ini.


Baca juga : 5 Jenis Perawatan Salon Rambut yang Patut Dicoba Biar Makin Pede