top of page

6 Cara Mengatasi Rambut Kusam yang Mudah Dipraktikkan, Yuk Coba!




Rambut kusam adalah salah satu masalah rambut yang seringkali dihadapi, bukan hanya oleh wanita saja tetapi pria pun bisa mengalaminya. Dan apabila rambut sudah kusam pun, penampilan menjadi semakin tidak nyaman dipandang. Untuk itu, perlu cara untuk mengatasi rambut kusam agar tidak semakin berlanjut. Dan cara - cara tersebut akan dibahas di bawah ini. Yuk, simak!

Kenapa Rambut Kusam?

Rambut kusam bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor. Dan semuanya seringkali kita lakukan tanpa sadar. Berikut adalah beberapa penyebab rambut menjadi kusam:

  1. Hanya memakai shampo tanpa menggunakan conditioner

  2. Banyak beraktivitas di bawah sinar matahari

  3. Penggunaan alat styling yang terlalu sering dan suhu terlalu panas


Cara Mengatasi Rambut Kusam yang Mudah

Terdapat beberapa cara mengatasi rambut kusam dengan mudah. Berikut ulasannya:

  • Pakai Hair Oil

Dengan penggunaan hair oil yang rutin, rambut akan menjadi lembut, sehat, mudah diatur serta berkilau. Jika selama ini Anda tidak pernah menggunakan hair oil, maka cobalah pakai dan rasakan perubahan yang terjadi pada rambut kusam.

  • Hindari Catok Setiap Hari

Suhu panas dari alat styling rambut tentu saja bisa berefek buruk pada helaian rambut. Apalagi jika Anda tidak menggunakan hair oil sebagai pelindung ekstra rambut. Akibatnya rambut akan menjadi kusam dan kehilangan cahaya.

  • Rutin Lakukan Trimming

Selain bisa mencegah rambut bercabang, trimming 1-3 cm per bulan pun bisa menyelamatkan rambut Anda dari kekusaman. Nilai plus lainnya, rambut akan senantiasa memiliki model potongan dan tidak kusut.

  • Pakailah Shampo dan Kondisioner untuk Rambut Kusam

Saat ini, seiring dengan kemajuan teknologi, shampo dan kondisioner yang ada di pasaran sudah banyak sekali jenisnya dan tentunya disesuaikan dengan masalah rambut umum yang banyak terjadi misalnya rontok atau rambut kusam. Pilih, beli, dan pakailah shampo serta kondisioner untuk rambut kusam Anda.

  • Gunakan Vitamin dan Serum Rambut

Rambut kusam berarti telah kehilangan kelembaban alaminya. Untuk itu, Anda perlu berikan perlindungan dan perawatan ekstra agar ia kembali sehat. Selain itu, penggunaan vitamin serta serum rambut pun bisa merangsang perbaikan sel melanin yang juga sudah rusak agar kembali seperti semula.

  • Sisir Rambut dengan Lembut

Gunakan sisir berbahan lembut untuk menyisir sebab apabila Anda menggunakan sisir yang keras, akan merusak kutikula rambut, menyebabkan helai rambut kusam lalu lama kelamaan akan menjadi rontok.


Dampak Memiliki Rambut Kusam

Memiliki rambut kusam ternyata memberi dampak buruk terhadap Anda, lho! Berikut dampaknya:

  • Mengurangi rasa percaya diri

  • Memerlukan waktu lebih untuk mengembalikan rambut ke dalam kondisi seperti semula

  • Membutuhkan uang lebih banyak untuk membeli berbagai macam perawatan rambut agar rambut kembali sehat


Itulah 6 cara mengatasi rambut kusam dengan mudah. Yuk praktikkan sekarang agar rambut makin sehat!


Pic source: freepik


bottom of page