top of page

Cara Merawat Kuku Agar Bersih dan Menarik


Sumber: Unsplash


Sekalipun membosankan, menjaga kebersihan kuku tangan dan kaki secara rutin dan telaten tentu dapat bermanfaat untuk kesehatan. Pasalnya, setiap aktivitas dengan menggunakan tangan sebagian besar berhubungan dengan kuku tangan.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, menjaga kebersihan kuku juga dapat menampilkan kondisi kuku tangan yang menarik. Konteks menjaga kebersihan kuku tangan dan kaki dapat diimplementasikan dengan treatment kuku secara mandiri atau melalui bantuan orang lain. Nah, beberapa cara merawat kuku tangan dan kaki yang terbaik untuk hasil yang maksimal yakni ;

Cara Merawat Kuku Tangan & Kaki : Potong Kuku secara Teratur

Memotong kuku secara teratur tentu akan menjadikan kuku Anda menjadi selalu bersih. Kondisi kuku yang bersih tentu mendatangkan sejumlah manfaat.

Manfaat Potong Kuku Secara Teratur

  • Meminimalkan infeksi bakteri

  • Mencegah kuku tumbuh ke dalam (onychocryptosis)

  • Mencegah cedera

Cara Merawat Kuku Tangan & Kaki : Gunakan Pelembap untuk Kutikula

Kutikula adalah lapisan kulit yang di sisi kuku tangan. Tekstur lapisan kulit yang sangat halus ini diketahui rentan kering dan rusak. Dibanding memotong atau merobeknya yang mungkin akan berakibat infeksi, ada baiknya untuk memberikan treatment kutikula dengan mengoleskan krim pelembap secara teratur.

Pastikan Bersih dan Kering

Setiap hal yang dibiarkan basah secara lama akan mengundang perkembang biakan jamur, begitu pula dengan kuku tangan dan kaki Anda. Sangat disarankan untuk membersihkan dan mengeringkan sela-sela kuku setelah mandi atau mencuci tangan/kaki.

Jangan Menggigit Kuku

Menggigit kuku baik bertujuan untuk memotong kuku atau merupakan kebiasaan (onychophagia) sangat disarankan untuk dihentikan. Tidak hanya memperbesar masuknya bakteri ke mulut dan kuku, kebiasaan ini juga akan berdampak kepada infeksi kuku jari hingga kutikula. Menghentikan kebiasaan menggit kuku merupakan salah satu cara merawat kuku tangan yang paling mudah.

Rutin Manicure dan Pedicure

Jika Anda tidak sempat merawat kuku secara mandiri, sangat disarankan untuk melakukan treatment manicure kuku di tempat perawatan kuku yang tersedia di sekitar Anda. Atau, Anda dapat mengunjungi salon yang menyediakan jasa manicure dan pedicure.

Sebagai contoh sejumlah brand salon besutan Rudy Ha disuwarno Group yang menyediakan treatment cara merawat kuku tangan seperti manicure dan pedicure dalam rangkaian perawatan tubuh. Tidak hanya treatment manicure, salon-salon Rudy Hadisuwarno juga menyediakan treatment pedicure dengan perawatan yang terbaik. Untuk treatment manicure atau pedicure sendiri, sangat disarankan untuk diaplikasikan 1-2 bulan sekali.

bottom of page