Pengertian French Manicure & Cara Membuatnya di Rumah


French Manicure
Ilustrasi French Manicure (Sumber: Freepik)

Tampil cantik bukan hanya berbicara mengenai wajah ataupun fashion saja, memperhatikan kesehatan dan bentuk kuku juga bisa membuat Anda tampil menarik dan anggun. Berbicara mengenai kuku, saat ini ada banyak treatment yang bisa dilakukan, salah satunya adalah mencoba French manicure.

Pengertian French Manicure

French manicure adalah salah satu gaya manicure klasik yang dibuat agar kuku terlihat simpel namun tetap elegan. Biasanya warna yang digunakan pada French manicure didominasi warna soft seperti pink muda, beige hingga bening. Selain itu, salah satu ciri khas French manicure adalah di ujung kuku terdapat warna putih.

Belakangan, gaya manicure ini banyak digemari oleh kalangan muda, salah satunya karena dapat membuat tampilan kuku menjadi lebih cantik, menarik dan dapat dipadupadankan dengan berbagai gaya pakaian.

Manfaat French Manicure

Mencegah Infeksi

Salah satu manfaat dari French manicure adalah mencegah terjadinya infeksi, treatment ini jika dilakukan secara rutin akan membuat kulit pada kuku tangan menjadi lembap. Kemudian, pemotongan dan pembersihan ketika manicure akan mencegah kuku tumbuh kedalam yang akan menyebabkan infeksi.

Meningkatkan Kesehatan Kuku

Manfaat French manicure lainnya adalah meningkatkan kesehatan kuku. Melakukan treatment ini secara rutin akan mengangkat sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel baru, sehingga akan membuat kuku menjadi sehat dan terhindar dari jamur.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Saat melakukan French manicure Anda akan menerima pijatan di bagian lengan, hal ini tentunya akan membuat sirkulasi aliran darah menjadi lancar, mengurangi rasa sakit dibagian otot dan meningkatkan mobilitas sendi.

Tampil Lebih Girly

Salah satu kelebihan yang akan didapatkan jika menggunakan French manicure adalah kuku terlihat lebih girly, karena umumnya warna yang digunakan pada jenis manicure ini adalah warna-warna lembut dan tidak mencolok.

Dapat Dipadupadankan dengan Berbagai Gaya Pakaian

French manicure menggunakan warna yang tidak terlalu mencolok, sehingga sangat cocok untuk dipadupadankan dengan berbagai pakaian. Tidak hanya itu, jenis manicure ini juga bisa pas digunakan saat berbagai macam acara.


Baca Juga : Cara & Manfaat Creambath Rambut untuk Kesehatan


Tips Merawat Kuku setelah French Manicure

Hindari Panas

Setelah melakukan French manicure, selama 24 jam sebaiknya hindari kuku dari berbagai benda yang dapat mengirimkan hawa panas, seperti kompor, hair dryer atau oven. Hal ini sengaja dilakukan untuk mencegah cat kuku menjadi rusak.

Jaga Kelembapan Kuku

Setelah selesai French manicure, disarankan Anda untuk menjaga kelembapan kuku dengan cara mengoleskan minyak kutikula secara rutin. Minyak kutikula sangat ampuh untuk membuat kuku menjadi lembap dan mencegah terjadinya kerusakan pada cat kuku.

Jangan Mencuci Tangan Berlebihan

Saat kondisi pandemi seperti sekarang ini, cuci tangan memang sangat penting, tetapi bagi Anda yang baru saja menjalani treatment French manicure sebaiknya jangan terlalu sering cuci tangan karena akan mengurangi kelembapan kuku serta akan merusak lapisan nail polish.

Cara Membuat French Manicure di Rumah

  • Siapkan air hangat di dalam wadah lalu rendam pergelangan tangan ke wadah.

  • Haluskan tangan sampai pergelangan tangan menggunakan scrub

  • Siapkan gunting kuku, dan gunting kuku Anda sesuai dengan bentuk kuku jari Anda.

  • Siapkan gunting kutila untuk memotong kutila yang masih tersisa di dalam kuku Anda, biasanya sisa kutila berada di pinggir atau dalam kuku, lakukan secara hati hati

  • Siapkan kutek berwarna cream atau pink muda, kutek berwarna putih dan top coat.

  • Oleskan kutek berwarna cream atau pink mudah sebagai warna dasar

  • Tunggu kering kutek dasar tersebut

  • Oleskan kutek warna putih pada bagian ujung kuku

  • Setelah kutek mengering, oleskan top coat agar warna kutek bisa tahan lama

Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Rambut Bercabang, Dijamin Berhasil!