top of page

Keuntungan & Rekomendasi Franchise Salon Kecantikan, Berani Coba?


Salon Kecantikan
Sumber foto: Pixabay


Melihat industri kecantikan terus berkembang, salah satu imbas positif adalah pada usaha salon kecantikan. Ya, banyak entrepreneur berlomba-lomba untuk membangun jasa salon kecantikannya sendiri, baik secara independen atau menginvestasikan uangnya di bisnis franchise kecantikan.


Pengertian Salon Kecantikan


Sebelum lebih dalam, apa yang dimaksud dengan franchise? Sederhananya, Anda akan menaruh sejumlah uang kemudian mendapatkan hak untuk memasarkan barang atau jasa dari sebuah usaha. Anda tidak perlu pusing memikirkan peralatan, media promosi, tempat, hingga karyawan karena semuanya sudah disediakan oleh perusahaan.

Nah, pada franchise kecantikan, nantinya Anda dapat membuka salon kecantikan terdekat sendiri, sesuai perjanjian dengan perusahaan. Sudah cukup banyak perusahaan kecantikan yang membuka franchise kepada para franchisor (orang yang membeli franchise). Untuk Anda yang berminat membeli franchise salon kecantikan, berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan:

Membuka Lapangan Pekerjaan

Usaha salon kecantikan tidak hanya akan bermanfaat bagi diri Anda, tetapi juga untuk orang lain. Mereka yang sedang mencari pekerjaan, akan sangat terbantu dengan dibukanya franchise yang telah Anda miliki. Sebagai contoh pada Rudy Hadisuwarno School yang menyalurkan lulusannya ke franchise di seluruh Indonesia.


Tidak sembarang murid yang dikirim oleh Rudy Hadisuwarno. Selain berbakat di technical skill, mereka juga memperhatikan behavior, manners, kebersihan, dan cara bicara dari lulusan sehingga franchise Anda akan berjalan dengan sangat baik.

Return of Investment (ROI) yang Bagus

Tidak dipungkiri bahwa alasan utama melakukan franchise adalah menambah pemasukan. Anda akan mendapatkan keuntungan tinggi dari bisnis franchise karena industri kecantikan selalu meningkat setiap tahun. Peminatnya tidak pernah turun sehingga investasi jangka panjangnya sangat terjamin.

Branding Bersama MUA/Influencer Terkenal

Kalau Anda membuka franchise pada perusahaan yang sudah dikenal masyarakat luas, ada kemungkinan nanti salon kecantikan milik Anda akan didatangi influencer atau MUA terkenal. Mereka datang untuk mereview tempat dan produknya. Dengan begitu, minat masyarakat untuk datang ke salon kecantikan Anda semakin meningkat.

Dicari Banyak Orang

Salon menjadi tempat untuk meredakan stres. Tidak hanya weekend, hampir setiap hari selalu dikunjungi banyak pelanggan untuk memanjakan diri.

Tips untuk Anda pemilik franchise, ada baiknya mencari lokasi yang strategis, sehingga saat pelanggan mencari kata kunci di Google “salon kecantikan terdekat”, salon Anda nantinya muncul paling atas. Pastikan untuk selalu memberi service terbaik supaya mendapat review bagus dari pelanggan.



Rekomendasi Franchise Salon Kecantikan Terbaik

Salon Kecantikan Rudy Hadisuwarno


Untuk Anda yang ingin memiliki franchise salon kecantikan, Rudy Hadisuwarno Group megembangkan bisnis salonnya untuk para enterpreneur di seluruh Indonesia. Bagaimana rinciannya?


Rudy Hadisuwarno Salon

Tipe yang pertama ini bersifat premium. Dengan harga yang ditawarkan, Anda akan mendapatkan salon di lokasi yang eksis dan mudah dijangkau. Selain itu, SDM yang akan bekerja di dalam salon sudah berpengalaman lebih dari lima tahun. Juga, desain interior serta produk berada di kelas atas.

  • License fee (License Fee 5 tahun): Rp 125 juta*

  • Peralatan dan Kosmetik: +- Rp 150 juta - Rp 170 juta

  • Interior Salon: Menyesuaikan luas salon

  • Biaya Royalti:

    • Free di tiga bulan pertama

    • 5% dari Gross Sales (mulai bulan 4-6)

    • 7% dari Gross Sales (mulai bulan 7-12)

    • 10% dari Gross Sales (mulai bulan 13-selesai)

  • Biaya Pemasaran: 0.5% (mulai bulan ke 4)

  • Jaminan Investasi: Rp 35 juta

  • Peralatan & Perlengkapan Promosi: +- Rp 30 juta

  • Penyediaan SDM**: Sesuai jumlah SDM

*Biaya lisensi belum termasuk pajak

**Biaya sudah termasuk perekrutan dan pelatihan awal

Salon Rudy

  • License fee (License Fee 5 tahun): Rp 90 juta*

  • Peralatan dan Kosmetik: +- Rp 130 juta

  • Interior Salon: Menyesuaikan luas salon

  • Biaya Royalti:

    • Free di tiga bulan pertama

    • 5% dari Gross Sales (mulai bulan 4-6)

    • 7% dari Gross Sales (mulai bulan 7-12)

    • 10% dari Gross Sales (mulai bulan 13-selesai)

  • Biaya Pemasaran: 0.5% (mulai bulan ke 4)

  • Jaminan Investasi: Rp 25 juta

  • Peralatan & Perlengkapan Promosi: +- Rp 20 juta

  • Penyediaan SDM**: Sesuai jumlah SDM

*Biaya lisensi belum termasuk pajak

**Biaya sudah termasuk perekrutan dan pelatihan awal

ABCDE Salon* Supported by Rudy Hadisuwarno


Singkatnya, tipe franchise ini adalah Anda melakukan investasi di salon kecantikan bukan atas nama Rudy Hadisuwarno. Namun, salon tersebut menggunakan brand “Supported by Rudy Hadisuwarno” selama tiga tahun penuh. Dengan menggunakan brand ini, salon kecantikan yang Anda investasikan akan ramai pengunjung karena didukung oleh usaha nomor 1 bidang kecantikan.

Adapun rinciannya seperti berikut ini:

  • License fee* ( 3 tahun): Rp 16-40 juta (tergantung banyak bangku)

  • Deposit: Rp 10 juta

  • Biaya Royalti:

    • Rp 500 ribu untuk 2-3 kursi

    • Rp 750 ribu untuk 4-5 kursi

    • Rp 1 juta untuk 6-7 kursi

    • Rp 1.5 juta untuk 8-9 kursi

  • Lokasi dan Luas Salon: Ruko atau rumah dengan ukuran mulai dari 20-60 m2

  • Interior Salon: Menyesuaikan dengan konsep salon yang sudah berdiri

  • Markting Support: Softcopy File

  • Biaya SDM:

    • Rp 3.5 juta/stylist

    • Rp 2juta/therapist

Notes:

  • Biaya lisensi sudah termasuk PPN*

  • Biaya tambahan kursi di atas 8: Rp 2.5 juta/kursi

  • Biaya Royalti di atas 9 kursi ditambahkan Rp 125 ribu/kursi

Training Fee:

  • Stylist dan therapist (5x pertemuan): Rp 2.5 juta

  • Biaya pengiriman trainer ke Jabodetabek: Rp 1 juta

  • Biaya pengiriman trainer ke luar Jabodetabek: Menyesuaikan transportasi

Marketing Support:

  • Signage “Supported by Rudy Hadisuwarno”

  • Poster image Rudy Hadisuwarno

  • Poster model yang sedang tren

  • Flayer

  • Brosur

  • Spanduk

  • Konten Promo Opening

  • Sertifikat bagi SDM yang training di Rudy Hadisuwarno

  • Sertifikat Lisensi Salon “Supported by Rudy Hadisuwarno”


Rudy Hadisuwarno Group selain ketiga brand salon diatas, juga memiliki brand lain yaitu Brown Salon dan Maxx Barber. Brown Salon dikhususkan bagi keluarga muda dan milenials, sementara Maxx Barber diperuntukkan bagi pria indonesia yang selalu ingin menjaga penampilannya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai lisensi salon atau ingin tanya-tanya lebih detail lagi mengenai salon Rudy Hadisuwarno group, silahkan klik disini

bottom of page