Pengertian Hair Extension & Fakta Menarik Tentangnya


Hair Extension
Ilustrasi Hair Extension (Sumber: Freepik)

Hair extension menjadi salah satu solusi menarik bagi mereka yang ingin memanjangkan rambut, dengan melakukan hair extension, rambut akan terlihat lebih panjang dengan waktu sekejap dan dapat ditata dengan berbagai gaya rambut.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan hair extension, berikut ini adalah pengertian hair extension serta informasi tentang cara merawatnya

Apa Itu Hair Extension?

Hair extension adalah salah satu teknik menyambung rambut, langkah ini dilakukan untuk memanjangkan rambut secara instan sehingga dapat ditata sedemikian rupa sesuai keinginan.

Metode hair extension sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Contohnya seperti clip-in, tape-in, sew-in, pre-bonded, microlink. Jenis rambut yang digunakan untuk menyambung sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni rambut asli atau rambut sintetis yang terbuat dari serat plastik.

Fakta Hair Extension yang Perlu Diketahui

Hair Extension Berisiko Merusak Rambut

Tahukah Anda ternyata hair extension juga bisa berisiko membuat rambut menjadi rusak, hal tersebut dikarenakan pada proses penyambungan rambut menggunakan bahan perekat yang belum tentu baik untuk kesehatan rambut. Hasilnya rambut bisa saja menjadi kusam, kering atau bercabang.

Hair Extension Berisiko Membuat Rambut Rontok

Hair extension juga bisa berisiko membuat rambut menjadi rontok. Hal itu disebabkan saat menyambung rambut, rambut asli akan memiliki beban terhadap rambut sambung, apalagi jika rambut yang disambung cukup panjang. Ini akan memicu terjadinya kerontokan secara berlebihan.

Hair Extension Tidak Permanen

Menyambung rambut tidak bisa dilakukan secara permanen, karena rambut asli akan terus memanjang, untuk itu Anda harus melepaskan rambut sambung secara berkala untuk melakukan maintenance dan membuat rambut tetap sehat.

Pemasangan Hair Extension Harus Disesuaikan dengan Tipe Rambut

Pemasangan hair extension harus disesuaikan dengan tipe rambut, hal ini dilakukan agar rambut tidak mudah rusak. Contohnya jika rambut tipis, sebaiknya menggunakan metode pemasangan clip-in yang mudah untuk dilepas pasang.

Memberi Efek Tebal Pada Rambut

Salah satu keuntungan melakukan hair extension adalah dapat memberikan efek tebal pada rambut, ini tentunya sangat berguna bagi mereka yang memiliki rambut tipis dan lepek, dengan melakukan hair extension rambut akan terlihat bervolume dan lebih panjang.


Baca Juga : 6 Inspirasi Model Potong Rambut Wanita Sesuai Bentuk Wajah


Cara Merawat Hair Extension yang Benar

Cuci Rambut Sambung dengan Benar

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk merawat hair extension adalah mencuci rambut sambung dengan benar. Gunakan sampo pada bagian akar rambut untuk menghilangkan minyak kemudian gunakan kondisioner pada bagian ujung rambut, hindari menggunakan kondisioner bagian akar rambut karena akan membuat sambungan rambut terlepas.

Jangan Tidur Saat Rambut Basah

Jangan tidur saat rambut basah, karena hal ini akan membuat sambungan rambut menjadi copot. Untuk itu pastikan rambut dalam keadaan kering ketika hendak tidur.

Sisir Rambut Hair Extension dengan Hati-hati

Jika rambut sambung Anda kusut pastikan untuk menyisirnya dengan hati-hati, jangan menyisir terlalu kasar karena selain akan membuat rambut rontok, juga akan membuat rambut sambung Anda menjadi lepas.

Kurangi Menggunakan Catok atau Hair Dryer

Sebaiknya kurangi penggunaan catok ataupun hair dryer karena hal ini akan membuat rambut sambung menjadi rusak bahkan lepas. Jika ingin mengeringkan rambut, sebaiknya dikeringkan dengan cara yang alami.


Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Rambut Bercabang, Dijamin Berhasil!