top of page

Tips Aman Cat Rambut untuk Ibu Menyusui


Cat Rambut
Sumber foto: Pixabay

Meski sudah memiliki buah hati, tetap harus terlihat cantik, bukan? Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mempercantik diri, salah satunya adalah dengan melakukan cat rambut. Tetapi sebelum lebih dalam, mungkin Anda bertanya-tanya apakah diperbolehkan mengecat rambut selama fase menyusui anak?

Jawabannya adalah boleh. Memang di dalam pewarna rambut ada zat kimia bernama ammonium, tetapi kandungannya sangat sedikit dan tidak akan masuk ke dalam kandungan ASI. Hanya saja pastikan saat Anda ingin mengecat rambut, tidak ada luka di kepala untuk mencegah zat kimia tadi masuk ke sistem pendarahan.


Agar makin aman, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk melakukan cat rambut selama fase menyusui, berikut ini adalah penjelasannya:


Hindari Cat Rambut untuk Ibu Menyusui dengan Kandungan Berbahaya

Baik di rumah atau salon, pastikan terlebih dahulu hal ini. Sebaiknya Anda telah mengenal produk yang akan gunakan untuk mengecat rambut. Dapat dilakukan dengan bertanya atau membaca komposisinya. Adapun bahan-bahan yang harus Anda hindari di dalam cat rambut seperti amina aromatik, fenol, hidrogen peroksida, perak, dan alkohol.

Jangan Langsung Cat Rambut Secara Keseluruhan

Walau diperbolehkan, sebaiknya selama masa menyusui Anda menggunakan cat rambut yang bersifat sementara. Hal tersebut dikarenakan kalau Anda menggunakan pewarna rambut yang bersifat permanen, ada kemungkinan mengandung paraphenylenediamine (PPD). Bahan ini cukup berbahaya bagi kulit Anda atau buah hati, karena dapat menyebabkan gatal-gatal, iritasi dan ruam kulit.

Lakukan di Tempat yang Jauh dari Buah Hati

Senyawa pewarna rambut mudah menguap. Kalau Anda melakukannya di tempat tertutup dan dekat dengan bayi, hal yang ditakutkan ada udara akan tercemar oleh senyawa tadi. Maka, sebaiknya lakukan pengecatan rambut di tempat yang memiliki banyak ventilasi, atau di luar rumah. Jangan lupa pastikan Anda sudah membilas rambut serta membersihkan diri sebelum memegang bayi Anda kembali.

Gunakan Produk Cat Rambut yang Berkualitas

Banyak produk yang dapat Anda gunakan untuk mengecat rambut. Tetapi yang harus dipertanyakan adalah kualitasnya. Anda yang sedang menyusui dan ingin tetap mengecat rambut, sebaiknya menggunakan produk terkenal yang telah mendapatkan review bagus dari orang-orang.


bottom of page