Ini Dia Keuntungan, Risiko & Harga Transplantasi Rambut. Klik untuk Lihat!


Transplantasi Rambut
Ilustrasi Foto: Freepik

Kini banyak inovasi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pada rambut, salah satunya transplantasi. Apa itu? Transplantasi rambut adalah metode mengembalikan rambut di area kepala yang mengalami penipisan hingga kebotakan. Banyak orang telah melakukan transplantasi, dan bahkan rela mengeluarkan uang banyak untuk ini.

Kira-kira apa saja ya keuntungan melakukan transplantasi rambut? Simak jawabannya di bawah ini:

Keuntungan Transplantasi Rambut

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ya, penipisan rambut akan membuat seseorang kehilangan kepercayaan dirinya. Terkadang, obat atau minyak alami sudah tidak mempan untuk menumbuhkan rambut di kepala mereka, sehingga memilih metode ini.

Lebih Menjanjikan

Operasi transplantasi rambut umumnya memakan waktu 4 sampai 8 jam. Lamanya waktu tersebut tergantung dari seberapa banyak rambut yang harus dicangkok. Pun setelah melakukan operasi, hasilnya tidak langsung terlihat. Anda harus melakukan perawatan kurang lebih 8 hingga 12 bulan.

Setelah melewati semua proses, Anda akan puas dengan hasilnya karena rambut yang tertanam bersifat permanen.

Dapat Dilakukan di Indonesia

Sebelum ramai seperti sekarang ini, transplantasi rambut hanya dapat dilakukan di luar negeri seperti Turki. Perjalanan menuju negara tersebut tentu sudah memakan banyak biaya, dan karena hal tersebut tidak semua orang dapat melakukannya.

Namun kini sudah banyak rumah sakit dan klinik yang dapat melakukan transplantasi rambut. Contohnya ada di DHI Indonesia, Rumah Sakit EMC Sentul, POISE Clinic, dan Hair Scientic Asia.


Baca Juga: Pilihan Masker Rambut yang Bagus untuk Cegah Kerontokan


Risiko Cangkok Rambut

Di samping keuntungan, tetapi Anda juga harus tahu bahwa transplantasi rambut ini memiliki risiko dan efek samping. Apa saja? Berikut ini adalah penjelasannya:

Reaksi Khusus dari Obat Bius

Selama proses operasi, dokter akan memberikan obat bius agar tidak merasakan sakit. Tetapi ada sejumlah orang (1 dari 10.000) yang mengalami beberapa reaksi khusus seperti kulit kepala gatal, sulit menelan dan pembengkakan di bagian tertentu.

Rambut Menjadi Tidak Beraturan

Sebelum melakukan operasi, pastikan dulu tempat yang akan Anda datangi sudah mendapat review bagus dari banyak pasien. Hal ini dikarenakan kemampuan dokter dalam melakukan operasi transplantasi sangat penting.

Kalau Anda ditangani oleh dokter yang profesional, hasil cangkok rambut Anda akan tumbuh ke arah yang tepat, karena beliau memperhatikan arah tumbuh rambut asli. Sementara kalau tidak profesional, nanti hasil cangkok rambut Anda akan tumbuh dengan arah yang tidak teratur.

Komplikasi Pasca Operasi

Melihat reaksi obat bius seperti kulit kepala menjadi gatal, hal ini akan berakibat ke infeksi dan kemudian membentuk kerak. Untuk mencegah hal ini terjadi, biasanya dokter akan memberikan antibiotik khusus serta shampo anti bakteri.

Biaya Transplantasi Rambut

Harga transplantasi rambut adalah mulai dari Rp 25 sampai Rp 100 juta. Harga ini dibanderol tergantung dari seberapa parah kebotakan rambut yang Anda miliki. Semakin banyak rambut yang harus ditanam, tentu harganya semakin mahal.

Untuk harga satu helai rambut, harganya adalah mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 30.000 per helai.

Deretan Artis yang Melakukan Transplantasi Rambut

Ternyata ada sejumlah artis yang telah melakukan transplantasi rambut, baik di dalam atau luar negeri. Siapa saja?

Anang Hermansyah

Awal tahun 2022 ini ayah dari Aurel, Anang Hermansyah melakukan transplantasi rambut di Istanbul, Turki. Beliau memiliki masalah rambut dan kemudian memutuskan untuk datang ke klinik bernama Now Hair Time.

Atta Halilintar

Atta Halilintar juga mengikuti jejak mertuanya. Dia juga melakukan cangkok rambut karena mengalami penipisan di bagian depan, samping dan belakang. Setelah melewati beberapa waktu, kini rambut Atta sudah tumbuh dan jauh lebih percaya diri.

Kevin Aprilio

Sama seperti Anang dan Atta, Kevin Aprilio juga melakukan transplantasi rambut di Turki. Kevin memutuskan untuk melakukan metode ini karena selain untuk meningkatkan kepercayaan diri, ternyata juga ingin tampil lebih dewasa di depan sang istri. Jumlah helai yang Kevin adalah 18.000 dengan biaya kurang lebih Rp 43 juta rupiah.


Baca Juga: Pengertian Hair Extension & Fakta Menarik Tentangnya