top of page

Cara & Manfaat Creambath Rambut untuk Kesehatan


creambath rambut
Ilustrasi manfaat creambath rambut (Sumber: Freepik)

Rambut adalah mahkota, makanya tak heran banyak orang yang ingin membuat rambut terlihat sehat dan berkilau. Salah satunya dengan cara creambath rambut, jenis perawatan ini dinilai sangat ampuh untuk membuat rambut menjadi halus, harum dan mencegah kerontokan. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan creambath, berikut ini adalah manfaat creambath rambut serta berbagai seluk beluk tentang kegunaannya.

Apa itu Creambath Rambut?

Creambath rambut adalah salah satu bentuk perawatan rambut yang dilakukan dengan cara mengoleskan krim khusus pada rambut serta kulit kepala. Saat creambath, kulit kepala akan dipijat secara perlahan tujuannya agar bisa memaksimalkan penyerapan nutrisi dari krim creambath ke kulit kepala. Dan yang lebih menariknya lagi, ternyata metode creambath ini pertama kali ditemukan oleh Rudy Hadisuwarno pada tahun 1970-an.


Krim creambath sendiri biasanya dibuat dari campuran bahan kimia dan ekstrak bahan alami, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan lain sebagainya. Biasanya creambath rambut dilakukan di salon agar bisa mendapatkan pijatan lembut di kulit kepala secara maksimal. Namun, creambath juga bisa dilakukan di rumah, karena saat ini banyak pihak yang mengeluarkan produk creambath, salah satunya adalah Rudy Hadisuwarno yang memiliki MPC Nutritive Creambath Ginseng serta MPC Nutritive Creambath Avocado.


Manfaat Creambath Rambut

Menutrisi Rambut

Rambut sangat beresiko menjadi kering dan rusak karena polusi udara atau alat penataan rambut, untuk itu dibutuhkan nutrisi untuk membuatnya menjadi sehat dan lembut. Salah satu manfaat creambath rambut adalah memberikan nutrisi pada setiap helai rambut, sehingga dengan menggunakan creambath akan membuat rambut menjadi sehat, harum dan bercahaya.

Mencegah Kerontokan

Creambath juga dapat mencegah kerontokan, hal ini disebabkan banyak krim creambath yang memiliki nutrisi yang bagus untuk memperkuat rambut sehingga dapat mencegah Anda terhindar dari kerontokan dan kebotakan di usia dini.

Menyuburkan Rambut

Manfaat creambath rambut lainnya adalah menyuburkan rambut, nutrisi yang terkandung di dalam krim creambath ternyata juga dapat menyuburkan rambut, melakukan creambath secara rutin dapat akan membuat rambut Anda semakin tebal dan indah.

Menghaluskan Rambut

Bagi Anda yang memiliki permasalahan rambut kusut dan kasar, melakukan creambath bisa menjadi solusi yang menarik. Pilihlah krim yang memiliki bahan alami yang dapat menghaluskan rambut seperti pisang contohnya.


Relaksasi

Manfaat creambath rambut lainnya adalah relaksasi, pijatan lembut yang akan diberikan pada kulit kepala ternyata tidak hanya dapat membuat nutrisi cepat terserap, tetapi juga akan membuat Anda rileks dan meredam stres akibat rutinitas sehari-hari.


Apa Perbedaan Creambath dan Masker Rambut?

Tahukah Anda ternyata creambath dan masker rambut adalah dua jenis perawatan yang berbeda. Creambath merupakan jenis perawatan yang memberikan nutrisi atau vitamin untuk menguatkan akar rambut dengan cara dipijat, pijatan di kepala ini dapat membuat sirkulasi darah pada kepala menjadi lancar sehingga dapat dengan mudah menyerap nutrisi serta membuat rileks.


Sementara masker rambut merupakan jenis perawatan yang dapat membantu merawat rambut yang telah rusak karena proses penataan rambut, seperti hair coloring, hair curling dan lain sebagainya. Berbeda dengan creambath, proses pengerjaan masker rambut dilakukan tidak dengan dipijat.



Cara Creambath Rambut Sendiri di Rumah

Jika tidak memiliki waktu untuk creambath rambut di salon, sebenarnya Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan creambath rambut sendiri di rumah berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan.

Siapkan Bahan yang Diperlukan

Langkah pertama yang dilakukan adalah menyiapkan peralatan dan bahan yang diperlukan, mulai dari krim creambath, dua handuk kecil, sisir, jepit rambut, shower cap hingga air panas.

Keramas Menggunakan Shampo

Langkah selanjutnya adalah melakukan keramas dengan shampo, hal ini sengaja dilakukan untuk membersihkan rambut dari kotoran dan sel kulit mati. Pilihlah shampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

Bagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Setelah itu, sisir rambut menjadi beberapa bagian, sebaiknya bagi rambut menjadi empat hingga enam bagian. Langkah ini sengaja dilakukan ketika melakukan pengolesan krim creambath tidak menjadi boros.

Oleskan Krim Creambath

Oleskan krim pada rambut secara merata, baik pada bagian rambut dan kulit rambut. Setelah itu lakukan pemijatan pada kulit rambut agar nutrisi bisa terserap dengan baik dan menimbulkan efek relaksasi.

Lakukan Hair Steaming

Jika dirumah tidak ada alat hair steamer, Anda bisa menggunakan handuk. Caranya sederhana celupkan dua buah handuk kecil ke dalam air panas kemudian tutup rambut dengan handuk panas tersebut. Jangan lupa untuk menjepit handuk tersebut menggunakan jepitan. Lakukan proses ini selama 10 menit.

Bilas dengan Air

Sebagai langkah terakhir, bilas rambut dengan air bersih. Anda bisa membilas rambut dengan menggunakan air dingin, tujuannya agar bisa mengecilkan pori-pori pada kulit kepala.



bottom of page